APAKABAR BOGOR – Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), diharapkan upaya untuk menumbuh kembangkan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Seperti di Desa Bojong, Kecamatan Kemang, melalui BBGRM bisa terwujud lingkungan yang unggul.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Kepala Desa Bojong, Asep Saefudin mengatakan. Gotong royong merupakan modal sosial yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, menggambarkan adanya proses bekerja bersama-sama saling berbagi peran dan tugas secara bersama sebagai bagian dari pemberdayaan diri secara kolektif.

“Pemerintah Desa Bojong menunjuk. Kampung Situ Leutik Rt 01/12 Desa Bojong, Kecamatan Kemang, penilainnya pertama dari kebersihan sampah, penghijauan lingkungan, kekompakan gotong royong dan kerapihan infrastruktur kerapihan jalan, kalau untuk persiapannya kita cuma dua hari, kita gerakan semua warga kampung situ ini, dan alhamdulillah mereka semu serempak gotong royong,” ujar Kades kapada wartawan.

Di tempat yang sama, Camat kemang Edi Suwito menyampaikan, Bulan Bhakti Gotong Royong ini memang sudah menjadi agenda tiap taun dilakukan. Kebetulan proses penilaiannya dilaksanakan hari ini, Kamis 10 Juni 2021.

“Kita mencoba untuk khusus kecamatan kemang ini melihat pontensi-potensi yang memang jiwa gotong royong ini masih tumbuh untuk bisa dipertahankan, bahkan bisa dikembangkan walaupun dengan kondisi perkembangan jaman. Kita tau bahwa gotong royong ini sudah hampir luntur, tapi mudah-mudahan di kecamatan kemang ini dengan membagkitkan kembali pemberdayaan masyarakat atas kepedulian pembangunan terhadap lingkungannya,” kata Camat.

Lanjut Edi. Kenapa memilih Desa Bojong, kami melihat karena desa ini ada potensi yang cukup baik dalam jiwa gotong-royong nya yang salah satunya di kampung setu leutik ini cukup mengapresiasi dalam mempertahankan jiwa gotong-royong di masyarakat.

“Dan ini harus menjadi suatu perhatian khusus, mangkanya kami sedikit melakukan penekanan kepada Kades supaya ini tetap dipelihara dan fokus pembangunan supaya diperhatikan. Duta lomba yang mewakili desa bojong ini sebetulnya setiap desa dilaksanakan, tapi kami dari skup kecamatan memajukan desa bojong ini agar bisa ikut event di tingkat kabupaten,” tambahnya.