Waspada, Bencana Hidrometeorologi Sebagian Besar karena Kerusakan Kawasan Hulu

  • Whatsapp
Kepala Pelalsana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, Dani Ramdan. /Instagram.com/@bpbd_jabar.

APAKABAR JABAR – Bencana hidrometeorolgi atau banecana yang diakibatkan air seperti banjir dan tanah longsor, sebagian besar karena kerusakan kawasan hulu.

Hal itu diungkapkan Kepala Pelalsana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Dani Ramdan, dalam talkshow acara Madania TV di Bandung, Rabu 20 Januari 2021.

Read More

Menurut Dani, kerusakan kawasan hulu itu mengakibatkan air hujan tak bisa lagi ditahan.

“Ketika air hujan dengan curah yang tinggi tak bisa lagi ditahan di bagian hulu, maka limpahannya ke hilir dan mengakibatkan banjir, serta pergeseran tanah tebing karena tidak ada lagi penahan air seperti akar tanaman keras” katanya.

Kerusakan kawasan hulu itu sebagian besar karena ulah manusia juga menurut Dani, seperti pembangunan kawasan hunian di tanah lereng, pertanian sayuran dan rusaknya hutan karena perambahan.

“Oleh karena itu, salah satu solusinya sebenarnya adalah, area tanah di kawasan hulu itu harus dikuasai pemerintah dan dijadikan kawasan lindung untuk tangkapan air.”

“Tetapi hal itu juga harus dibarengi kesadaran masyarakat untuk tidak lagi merambah” jelasnya.

Related posts