Warisan Budaya, Kasepuhan Malasari Gelar Ritual Seren Tahun

  • Whatsapp

APAKABAR BOGOR – Setiap tahun yang di selenggarakan bertepatan hari Jum’at pertama di bulan Muharram tahun baru islam, kesepuhan Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Secara turun temurun melaksanakan acara ritual seren tahun.

Pemangku Adat Kesepuhan Malasari Abah Odon mangatakan, acara pelaksanakan upacara adat tersebut adalah untuk menjaga warisan budaya yang setiap tahunnya di laksanakan.

Read More

Namun saat ini tahun kedua di masa pandemi Covid-19 pelaksanaan seren tahun pun di gelar secara sederhana mengingat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di perpanjang hingga 16 Agustus 2021.

“Acara ini tidak bisa semeriah pada tahun 2019 lalu, adanya pandemi covid-19 saat ini kita hanya bisa melaksanakan 30 persen dari masyarakat lokal,” ujar Udin Saefudin yang akrab disapa Abah Odon, seusai acara ritual seren taun, pada. Jum’at 13 Agustus 2021.

Meski demikian kata Abah Odon perjalanan sesepuh warisan budaya yang harus di jaga dan dirawat serta melestarikan.

“Untuk wujud syukur atas apa yang telah kita terima, kita juga memohon kepada allah SWT, agar hasil kedepan lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Uchu, Ketua Padepokan Buana Raksa Budaya menambahkan, perbedaan perayaan serentaun di masa pandemi covid-19 ini sangat jauh dengan tahun sebelum pademi.

Karena, giat saat ini harus tetap mengikĀ­uti protokol kesehatan seĀ­suai arahan pemerintah.

“Saat ini yang di laksanakan hanya inti dari segala acaranya saja, seperti upacara ritual. Kalo dulu ada arak-arakan dongdang dan hiburan tradisional serta hasil para petani juga di lakukan,” tukasnya.(Andriawan)

Related posts