APAKABAR BOGOR – Warga Kampung Kandang RT 01/05, Desa Semplak Barat, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor digegerkan dengan penemuan bayi berjenis kelamin perempuan di depan rumah warga, Kamis (7/7) sekira pukul 22.00 wib.

Kapolsek Kemang Kompol Ari Trisnowati Setyoningsih membenarkan, bahwa pada hari Kamis, 7 Juli 2022 malam.

Pihaknya mendapat laporan penemuan bayi, dirinya langsung memerintahkan anggotanya untuk mengecek TKP.

“Betul Kamis malam ada penemuan bayi di depan rumah salah satu rumah warga. Tadi pagi bayi berjenis perempuan itu dibawa ke polsek. Dan kami langsung memanggil saksi-saksi. Dan hari ini juga ada perwakilan dari Dinas Sosial,” ujarnya di ruang kerjanya. Jum’at, 8 Juli 2022.

Masih kata Kapolsek, orang tua bayi malang itu sudah merencanakan menyimpan bayi di rumah orang tuanya, diketahui laki-laki tersebut warga setempat yang bekerja di jakarta. Karena kalut dan stres dirinya nekad melakukan hal tersebut.

“Baru diketahui bapak dan si ibu bayi itu bekerja di Jakarta. Dan si bayi dilahirkan di Jakarta secara cesar. Bingung untuk mengurus anaknya karena si ibu ada keterikatan kontrak dengan tempat kerjanya, bingung dan kalut akhirnya orang tua bayi itu menyimpan bayi itu di depan rumahnya,” kata Kapolsek.

Hari ini kami memanggil orang tua bayi sambung Kapolsek, beliau baru datang dari Jakarta dan langsung ke polsek, sedangkan si ibu bayi sedang bedres di kontrakannya, alasan pelaku menyimpan bayi dan tidak berani berterus terang karena ada beberapa pertimbangan.

“Pertimbangan pertama ibunya pelaku sakit, neneknya punya sakit jantung, yang dia harapkan cuma bibinya, pelaku juga sudah menyiapkan kebutuhan bayi di dalam dus. Seperti susu, pempers, baju. Dan tidak ada niat untuk membuangnya, untuk unsur pidana jelas ada yang pertama melantarkan anak dibawah umur. Tapi kami tetap mengedepankan restorative justice demi anaknya,” tutup Kapolsek. (Yon)