Tak Direspon Pemkab, Warga Pasirpeuteuy Swadaya Bangun TPT yang Ambrol

  • Whatsapp
Dok.Apakabarbogor.com./Dok.Andriawan

APAKABAR BOGOR – Puluhan warga  Kampung Pasirpeuteuy, Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor berswadaya membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) di Jalan lintas Rancabakti – Gunung garu Pasirpeuteuy.

Hal ini dilakukan, lantaran sudah lama tebingan yang ambrol itu tak di perbaiki Pemerintah.

Read More

Tokoh Masyarakat setempat H Yaya mengatakan, pristiwa terjadi  TPT ambrol sejak tahun 2020 lalu, sehingga  menyebabkan serapan air tidak mengalir pada bagian bangunan gorong-gorong.

Swadaya tersebut adalah bentuk keperhatinan masyarakat dikarenakan  Pemerintah Kabupaten Bogor hal ini Dinas PUPR tidak memperbaiki TPT jalan yang ambruk itu.

“Akhirnya warga dan Pemerintah Desa Nanggung berinisiatif untuk memperbaiki tebingan tersebut” ujar Yaya kepada Apakabarbogor, Rabu 16 September 2021.

Dibangunnya TPT tersebut sepanjang 10 meter dan tinggi 4 meter.

“Swadaya masyarakat dengan dibangun TPR merupakan  hasil anggaran pribadi,” tambahnya.

Menurutnya, atas ambrolnya TPT di ruas jalan milik Kabupaten Bogor itu sebelumnya Pemerintah Desa Nanggung, sudah  beberapa kali mengajukan untuk perbaikan ke pihak terkait namun hingga kini tak kunjung dibangun.

“Desa sudah mengajukan beberapa kali karena memang tidak ditanggapi akhirnya masyarakat berinisiatif membangun TPT tersebut,” tutupnya

Sementara itu, Kepala Desa Nanggung Muhamad Sodik membenarkan bahwa tebingan yang sudah lama ambrol itu yang berada di areal Jalan milik Kabupaten Bogor kini telah dibangun hasil swadaya masyarakat.

Karena itu, kami sudah mengajukan beberapa kali ke pihak terkait namun tak direspon, akhirnya warga melakukan langkah dengan dibangunnya TPT itu.

“Mengingat kejadian ambrol tebingan itu sudah lama, maka itu kalau lama dibiarkan khawatir ambrolnya tebingan itu semakin membesar,” pungkasnya.(Andriawan/Hdy)

Related posts