FWBB Soroti Pemberitaan Media yang Menyerang Wartawan Tanpa Kode Etik Jurnalistik

  • Whatsapp
Pemberitaan media online yang disoroti Forum Wartawan Bogor Bersatu (FWBB), berdasarkan tangkap layar pada jam 14.00, Rabu, 23 Juni 2021. /Dok. Tim

APAKABAR BOGOR – Forum Wartawan Bogor Bersatu (FWBB) menyoroti pemberitaan media online terkait aksi demo wartawan yang mendatangi Kantor Pemkab Bogor.

Media online yang disoroti menampilkan judul, “Wartawan Gadungan Ngamuk Tak Terima Pernyataan Ade Yasin Laporkan ke Polisi” yang tayang pada 21 Juni 2021.

Read More

Tulisan itu terkesan menuding dua hal terkait kegiatan aksi damai wartawan tersebut. Pertama, soal “wartawan gadungan”, kedua soal “ngamuk”.

Jika dikaji dari judul serta isi berita, penulisan media itu sangat jauh dari karya jurnalistik, dalam penulisan pun tanpa mengedepankan azas praduga tidak bersalah.

Penulisan media itu dinilai jauh dari kaidah dan aturan, bahkan terkesan tidak mengikuti 11 Pasal Kode Etik Jurnalis (KEJ)

Demikian, hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Forum Wartawan Bogor Bersatu (FWBB) Iwan Boring di Bogor, Rabu, 23 Juni 2021.

“Seharusnya dalam penulisan, wartawan wajib mengedepankan praduga tak bersalah, karena itu semua ada dalam 11 Pasal Kode Etik Jurnalis (KEJ), salah satunya di Pasal 1,” katanya.

Related posts