APAKABAR BOGOR – Program pembangunan infrastruktur satu miliar satu desa (Samisade) di Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor dialokasikan untuk peningkatan jalan poros desa dan membangun saluran irigasi.

Kepala Desa Kalongliud Jani Nurjaman menjelaskan, melalui program Samisade pihaknya tengah fokus melakukan penataan pembangunan di wilayahnya.

Anggaran Samisade dibangun di tiga titik yaitu peningkatan jalan desa dengan aspal hotmix tepatnya di Kampung Kalong Karees RW 01 dan RW 11 sepanjang 10008 meter dengan lebar 2 meter.

“Jalan ini perlu peningkatan karena jalur penghubung antara Desa Kalongliud dengan Desa Babakansadeng, Kecamatan Leuwisadeng,” ujar Jani Nurjaman kepada Apakabar Bogor.

Samisade dari APBD Kabupaten Bogor untuk membangun insfrastruktur diakui Kades, baru direalisasikan pada tahap pertama sebesar 40 persen.

Sementara hotmix jalan yang terletak di kampung Bongas RW 09 sampai RW 06 digarap sepanjang 950 meter dan lebar 2,5 meter.

Selain jalan, dana Samisade tersebut juga direalisasikan untuk pembangunan saluran irigasi di wilayah dusun 2 Kampung Liud yang melintasi antara RW 04 dengan RW 03 sepanjang 500 meter.