APAKABARBOGOR.COM- Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 59 di halaman Kantor Kecamatan  Ciawi,  diisi Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Hal itu bagian dari upaya peningkatan taraf kesehatan lingkungan serta menurunkan wabah penyakit yang ditimbulkan .

Sejumlah program yang telah di jalankan dalam menekan ODF di antaranya adalah, pembangunan infratruktur sanitasi komunal di kawasan padat penduduk, serta MCK komunal di daerah yang sulit mendapat akses sumber air bersih.

Sekretaris Dinas Kesehatan kabupaten Bogor dr. Agus Fauzi mengingatkan, agar para  Kepala Desa bisa  menjaga prilaku masyarakat dari buang air besar sembarangan.

“13 desa di Kecamatan Ciawi 100 % warganya sudah tidak lagi buang air besar sembarangan apalagi ke sungai,”   katanya disela kegiatan  deklarasi  ODF  di halaman kantor Kecamatan Ciawi. Kamis (24/11/2023).

Entis,  Kasi Ekbang Desa Cileungsi Kecamatan Ciawi yang hadir mewakili Kepala Desanya mengatakan,  sebelum deklarasi 13 desa se – kecamatan Ciawi, Desa Cileung sudah lebih awal mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan .

“Seiring perkembangan zaman aktifitas mandi , mencuci dan menggunakan kakus sudah tidak ada lagi di lakukan di sungai atau tempat terbuka, melainkan di rumah masing masing atau MCK umum yang jaraknya tidak jauh dari pemukiman warga.” Pungkasnya.(Wan/ash)**