APAKABAR NEWS – Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengharapkan pilkada sehat di delapan kabupaten/kota yang menggelar pilkada serentak. 

Demikian dikatakan Kang Uu yang juga Wakil Ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar saat menjadi narasumber webinar “Penegakan Protokol Kesehatan pada Pilkada Serentak Tahun 2020” dari Hotel Grage Sangkanhurip, Kabupaten Kuningan, Selasa, 24 November 2020.

Seperti diketahui, delapan daerah menggelar pilkada serentak yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok. Tahapan pilkada sudah dimulai dan sekarang sedang masa kampanye, sementara pencoblosan akan dilakukan 9 Desember 2020. 

Menurut Kang Uu, Pilkada Sehat merujuk pada pelaksanaan pesta demokrasi dengan protokol kesehatan 3M plus tidak berkerumun di semua tahapan mulai dari proses administrasi, kampanye, masa tenang, pencoblosan, hingga penghitungan suara. Pilkada Sehat juga berarti tidak terjadi klaster baru COVID-19 atau lonjakan penularan yang mencolok.

“Sejauh ini sebagian tahapan sudah dilaksanakan dengan baik. Tinggal tahapan selanjutnya termasuk pencoblosan,” ungkap Kang Uu. 

Sosok yang juga Panglima Santri ini meminta kerja sama semua stakeholders mulai dari peserta, penyelenggara, pengawas, partai politik, tim sukes dan simpatisan, hingga forkopimda. Kerja sama ini penting guna membangun visi bersama pilkada yang bebas COVID-19. 

“Kepada panwas atau bawaslu agar selain memberi pengawasan kepada hal- hal teknis terkait pelaksanaan pemilihan umum, juga ditambah harus sesuai peraturan KPU baru yaitu adanya pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan,” tambahnya.