Wabup Bogor Dukung Percepatan SPAM KPBU Ir. Juanda /Jatiluhur II, Ini Alasannya

  • Whatsapp
Rakor percepatan proyek KPBU (Kerjasama Pemerintah & Badan Usaha) SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum/Air Bersih) Ir.Juanda/ Jatiluhur II. /Instagram.com/@iwansetiawan.70.

APAKABAR BOGOR – Menko kemaritiman dan inverstasi Luhut Binsar Panjaitan memimpin Rakor percepatan proyek KPBU (Kerjasama Pemerintah & Badan Usaha) SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum/Air Bersih) Ir.Juanda/ Jatiluhur II lewat webinar dengan Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan dan para Walikota/Bupati di Tanggerang, Bekasi, Karawang, Bogor, pada hari Kamis 17 Desember 2020

Saat membuka Rakor Menko Luhut menyampaikan: “Pemerintah memiliki keterbatasan dalam pembiayaan proyek jadi jika ada investor yang bisa memberi harga bagus dalam artian terjangkau untuk masyarakat perlu kita explore,” katanya.

Read More

Pada kesempatan itu juga Basuki Hadimoeljono selaku menteri PUPR memaparkan bahwa SPAM ini terbagi 3 yaitu :

  1. SPAM Jatiluhur I yang memasok 4750 liter/detik debit air yang mendistribusikan air ke wilayah sebagian DKI Jakarta, Kota Tanggerang, Kab. Karawang, Kota bekasi dengan nilai estimasi investasi 1,6 triliun, melalui skema pembiayaan KPBU. Sudah selesai lelang dan kemunkinan tanggal 29 Desember 2020 bisa ditandatangani kesepakatan perjanjian kerjasamanya.
  2. SPAM Karian – Serpong, air bakunya diambil dari bendungan Karian yang mendistribusikan air sebanyak 4.600Liter/detik ke wilayah DKI Jakarta, Kota Tanggerang, Kota Tangerang Selatan. Skema pembiayaan melalui KPBU nilai estimasi investasi sebesar 2,4 triliun
  3. SPAM Ir.Juanda/Jatiluhur II dengan kapasitas 9.700 meter kubik per detik yang mendistribusikan air ke wilayah DKI Jakarta sebesar 3.500 l/s (liter/detik), Kab.Bekasi 2.000 l/s, Kabupaten Bogor sebesar 2.000 l/s, Kota Bekasi 1.000 l/s, Kabupaten Karawang sebesar 850 l/s. Pengambilan air baku dari waduk Jatiluhur dengan estimasi nilai investasi kurang lebih 12 triliun dengan skema pembiayaan KPBU. Ditargetkan tahun 2021 konstruksinya sudah bisa dimulai dan bisa selesai pada tahun 2023.

SPAM Ir. Juanda/Jatiluhur II ini diprakarsai oleh badan usaha dengan calon pemrakarsa Konsorsium MMVP yang terdiri atas Mayniland Water Serv. Inc., Metropac Water Invest. Corp., PT Varsha Zamindo Lestari, PT PP (Persero) Tbk., dan PT PP Infrastruktur. Masa kontrak melalui bangun guna serah (build, operate, transfer) selama 30 tahun dengan pengembalian investasi melalui tarif air.

Related posts