Home / Hot News

Senin, 29 Agustus 2022 - 11:53 WIB

Termasuk Versi yang Berasal dari Sanghyang Mandiri, Ini 4 Versi Asal Usul Nama Kecamatan Jasinga

Tugu Singa ini berada di pertigaan Jasinga menjadi salah satu ikon di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor. (Dok. Mila Faranita)

Tugu Singa ini berada di pertigaan Jasinga menjadi salah satu ikon di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor. (Dok. Mila Faranita)

BOGOR RAYA – Beberapa cerita rakyat tentang lahirnya beberapa nama-nama desa atau daerah Bogor memang ada, seperti Rancamaya, Bantarjati, Ciaruteun, Cikeas, Kedunghalang, dan sebagainya.

Untuk wilayah Bogor bagian barat terdapat nama-nama daerah yang cukup tua seperti Ciaruteun, Argapura (Rengganis) dan Jasinga.

Pada masa lalu, Jasinga meliputi batas-batas Sajira di sebelah Barat, Tangerang di sebelah Utara, Bayah di sebelah Selatan dan Cikaniki di sebelah Timur.

Baca Juga :  Mayat Pria Tinggal Kerangka di Rumah Kosong Gegerkan Warga Desa Setu Kecamatan Jasinga

Berlalunya waktu, Jasinga kini meliputi daerah Cigudeg, Tenjo, Nanggung, Parungpanjang dan Jasinga sebagai titik pusatnya.

Oleh orang-orang tua dulu Jasinga disebut juga Bogor-Banten, bahkan juru pantun terkenal Sunda yaitu Aki Buyut Baju Rambeng berasal dari daerah Bogor-Banten

Atau yang tinggal di daerah Pegunungan Tonggoheun Jasinga. Disebut Bogor-Banten karena posisiya berbatasan langsung dengan wilayah Banten.

Baca Juga :  Soal Guru Lumpuh di Sukabumi Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Begini Penjelasan Pemprov Jabar

Tidak hanya batas wilayah tetapi ditinjau dari budaya, perilaku serta dialek bahasa mirip sekali dengan masyarakat Banten yang sebagian tidak terpengaruh dengan budaya Priangan.

Cerita yang lebih lengkap, silahkan klik judul artikel ini: 4 Versi Asal Usul Nama Jasinga di Kabupaten Bogor, Salah Satu Versi Berasal dari Sanghyang Mandiri

Baca Juga :  Masyarakat Puas atas Kinerja Pemprov Jabar Selama Pandemi, Menurut Klaim Survei IPRC

Buat yang hobby berbagi tulisan, ayo menulis hikayat, cerita rakyat ataupun asal usul sejarah di kota Anda, artikel dapat dikirim lewat WhatsApp ke: 0855-7777888.

Boleh rewrite (menulis ulang) dari sumber resmi maupun website pemerintah dengan mencantumkan sumbernya, namun dilarang menyadur dari portal berita atau media online lain.***

Share :

Baca Juga

Hot News

Tiga Rumah Warga Sukabumi Tertimbun Longsor, Begini Kondisi Penghuninya Saat Ini

Hot News

Nekad Buka Saat PPKM Darurat, Petugas Gabungan Segel THM di Kemang

Hot News

Ada Apa Nih di Hulu Sungai, Kok Banjir Puncak Bareng Material Kayu dan Bambu

Hot News

Kemkominfo dan Anggota DPR RI Gelar Webinar Wirausaha Baru Gagasan untuk Bangkitkan Ekonomi, Sukses Dihadiri Ratusan Peserta

Hot News

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kecamatan Ciampea Mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1442 Hijriah

Hot News

Waduh, Bawaslu Temukan Petugas KPPS Terpapar Covid-19 Masih Bertugas

Hot News

Bupati Bogor Ungkap Rencana Pemberian Vaksin Covid-19 Bagi Tenaga Pengajar

Hot News

Pendistribusian Vaksin di Jabar Berdasarkan Tingkat Penyebaran Covid-19