APAKABAR BOGOR – Bendungan Cibongas yang berlokasi di Kampung Babakanliud, Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, yang mengalami kerusakan, akibat diterjang banjir bandang pada 2020 lalu. Saat ini sudah masuk dalam pengerjaan tahun 2021.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Hal tersebut di utarakan pengawas pengairan UPT Irigasi Kelas A Wilayah IV Jasinga Asep Fudin saat di hubungi melalui pesan Whatsapp, pada Kamis, 17 Mei 2021.

“Pembangunan bendungan Cibongas tersebut sudah masuk ke program kegiatan pengerjaan di tahun 2021, setelah bulan ini seperti nya kita sudah ekstra di lapangan, untuk pengerjaan,” ujarnya.

Menurutnya bendungan tersebut akan dilakukan pengerjaan reguler berupa rehab berat.

“Bendungan itu merupakan program dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD Kabupaten Bogor, yang pengerjaannya berupa rehab berat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kalongliud Jani Nurjaman mengatakan, Bendungan yang di bangun sejak tahun 2002 ini mengalami kerusakan karena terjangan banjir bandang pada tahun 2020 lalu sehingga fungsi bendungan sebagai penyuplai air irigasi bagi dua desa tersebut menjadi terganggu.

“Akibat jebolnya bendungan primer, bendungan utama tersebut berdampak kepada sebanyak seratus delapan puluh lima hektar untuk sumber pengairan bagi Pesawahan yang dikelola oleh dua kelompok tanj yaitu kelompok tani sukamaju dan kelompok tani Cempaka yang sumber airnya ada di bendungan sungai Cikaniki,” kata Jani Nurjaman kepada awak media. (And/Haidy)