Home / Hot News

Rabu, 23 Desember 2020 - 09:27 WIB

Penipu yang Catut Nama Baim Wong Diringkus Polisi, Terancam 4 Tahun Penjara

Aktor Baim Wong. /Instagram.com/@baimwong.

Aktor Baim Wong. /Instagram.com/@baimwong.

APAKABAR BOGOR – Aktor Baim Wong melaporkan dua orang tersangka berinisial MZ dan LH yang kedapatan melakukan penipuan online dengan mencatut namanya dalam program televisi Indonesia Giveaway.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Sudjarwoko yang didampingi oleh Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Dwi Prasetyo Wiboso menerangkan, kasus ini berawal pada Jumat 11 Desember 2020 sekitar pukul 02.00 WIB dimana Tim Tiger melaksanakan patroli di wilayah Terminal Tanjung Priok.

Baca Juga :  Ini Penilaian Menko Polhukam Mahfud MD Terkait Kinerja KPK Era Firli Bahuri Lebih Baik

Sudjarwoko menjelaskan anggotanya melihat ada dua orang pemuda dengan gelagat yang mencurigakan. Kemudian, pelaku didekati oleh personel Tim Tiger serta dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Kecurigaan anggota ini ketika yang bersangkutan akan diperiksa handphone-nya dia mengelak mencoba untuk menghapus sesuatu. Lalu terjadilah perebutan antara Tim Tiger dengan tersangka. Setelah berhasil diambil diamankan handphone oleh anggota Tim Tiger,” tutur Sudjarwoko saat dikonfirmasi, di Jakarta, Selasa 22 Desember 2020.

Baca Juga :  Nilai Kerugian Rp5,5 T, PT Wilmar Padi Indonesia Dipolisikan Terkait Pelanggaran Merek Dagang

“Di lihat isi WA-nya di situlah baru dijumpai ada satu buah percakapan yang merupakan kasus penipuan yang bersangkutan. Seolah-olah menjadi Baim Wong yang menawarkan Indonesia giveaway dengan memberikan imbalan sebesar Rp30 juta,” tambahnya.

Menurut Sudjarwoko, modus operandi yang dilakukan oleh tersangka ini yaitu pertama dengan membuat akun Facebook atas nama Baim Wong. Setelah membuat akun tersebut selanjutnya yang bersangkutan masuk ke grup Indonesia giveaway.

Baca Juga :  Terapan Teknologi Netral, Menteri Johnny: 5G Butuh Dukungan Infrastruktur yang Besar

“Setelah masuk di dalam grup dia melakukan serangan-serangan kepada calon-calon korbannya dengan iming-iming akan memberikan imbalan sebesar Rp30 juta dengan persyaratan harus mengikuti atau melengkapi persyaratan sesuai dengan yang diberikan oleh admin. Agar bisa ikut para korban ini diminta untuk mentransfer sejumlah uang besarannya Rp100.000 ke rekening, BNI dan BCA,” paparnya.

Share :

Baca Juga

Hot News

Nekad Buka Saat PPKM Darurat, Petugas Gabungan Segel THM di Kemang

Hot News

RAT Koperasi RSUD Cibinong Luncurkan Mobile Aplikasi Digital

Hot News

DPRD Desak Bentuk Detektif Lingkungan Hidup, Kadis : DLH Miliki Satgas, Pembentukan Detektif Lingkungan Tidak Diperlukan 

Hot News

Soal Isu Agama Calon Kapolri, DPR Sebut Tidak Ada Aturan Agama Tertentu

Hot News

Sungai Cibeet Meluap, Sebanyak 182 Unit Rumah Terendam Banjir di Karawang

Hot News

Kantor Hukum Bam’s & Partner Mengucapkan Dirgahayu TNI ke-76

Hot News

Pollisi Menunggu Surat PN Jaksel, Kasus Chat Mesum Habib Rizieq Dilanjutkan

Hot News

Pemerintah Secara Resmi Melarang Perayaan Tahun Baru 2021 di Jawa dan Bali