APAKABAR BOGOR – Air bersih sangat penting keberadaannya untuk kebutuhan sehari-hari, namun meskipun terkesan sepele jika tidak diperhatikan dengan baik, maka akan menjadi masalah yang besar. Untuk itu Pemerintah merasa perlu membangun Sistem penyediaan air minum (Spam) untuk menanggulangi kemiskinan, lewat Dana alokasi Khusus (DAK). salah satu desa yang dianggap layak untuk membangun Spam itu adalah Cibedug Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

kegiatan tersebut menelan anggaran sebesar Tujuh ratus enam puluh delapan juta rupiah, yang dikerjakan secara gotong royong oleh masyarakat lewat Kelompok Keswadayaan masyarakat (KKM) Sumber Kahuripan Desa Cibedug.

Ketua KKM Sumber Kahuripan Asep mengatakan, tentunya pembangunan tidaklah bisa asal jadi, harus berpedoman pada petunjuk tekhnis, karena nantinya akan berimbas pada kualitas dan kekuatan bangunan.

“Alhamdulillah kami telah menerima program DAK itu, penugasan tujuan pembangunan ini lebih kepada penangan stanting trutama di bidang sarana air bersih. Tahap yang sedang kami kerjakan saat ini adalah pembangunan reservoar, dan melaksanakan sesuai aturan dan gambar yg kami terima,” bebernya.

Asep juga menegaskan, pondasi tidak bisa dibuat asal jadi, dan pemasangan cakar ayam menjadi suatu keharusan.

“Pondasi tidak bisa sembarangan kerena bangunan itu haruslah kokoh, pemasangan cakar ayam pada pondasi menjadi suatu kewajiban. Setiap tahapan selalu kami dokumentasikan. Karena pembangunan ini tidak sama dengan bangunan yang lainya, struktur harus kokoh. Harapan kami kedepan semoga hasil dari pembangunan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya yang sangat membutuhkan, yang belum tercover oleh sarana air bersih yang sebelumnya sudah ada,” jelas Asep. Sabtu 9 Oktober 2021.

Terpisah, Kepala Desa Cibedug Deni Setiawan memberikan apresiasi atas dibangunan Spam, menurutnya Program DAK salah satu jawaban kebutuhan air bersih di desanya.

“Bantuan pemerintah sangat di butuhkan terkait penanganan masalah air bersih karena masih banyak sumber mata air yang belum tersalurkan ke masyarakat. kami dari pemerintah desa akan berupaya merawat dan mengembangkan kegiatan selanjutnya guna meratakan program bagi masyarakat luas di desa Cibedug,” tutup dia. (ash)