Pemanfaatan Lahan Kosong dengan Tanam Sayuran Perkuat Ketahanan Pangan

  • Whatsapp

APAKABAR BOGOR – Kasie Ekbang Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, memanfaatkan halaman kantor yang kosong dengan berbagai tanaman sayuran dengan pola hidroponik. Tanam hidroponik itu untuk membuat halaman yang kosong menjadi hijau.

Kasi Ekbang, Kecamatam Kemang Titin Hartini mengatakan, greenhouse yang berada di halaman Kantor Kecamatan Kemang, dikelola oleh Kasie Ekbang, mulai dari bulan Agustus 2020 sampai hari ini, dan bekerjasama dengan penyuluh pertanian swadaya, dan sudah menghasilkan beberapa kali panen diantaranya, kangkung, bayam, tomat dan sayuran lainya.

Read More

“Program Obor ketahanan pangan yang bisa kita siasati di halaman kantor, cara penanaman tersebut memanfaatkan sistem hidroponik dengan dengan menggunakan media air dan pipa tanpa tanah. Tanaman yang ditanam yaitu berupa sayuran. Jenis tanamannya ada sawi, selada, kangkung, dan lain sebagainya. Tanam hidroponik ini tujuanya adalah untuk pemanfaatan lahan pekarangan,” beber Titin kepada apakabarbogor.com.

Ia juga menambahkan, untuk sarana dan prasarana sebagai media tanam merupakan bantuan dari Kecamatan. Tanaman sistem hidroponik yang dilaksanakan di pekarangan kantor itu untuk memberikan contoh kepada masyarakat dalam hal pemanfaatan pekarangan.

“Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan sendiri,” tambahnya.

Tujuan program ini,.sambungnya, adalah untuk memanfaatkan pekarangan kantor. Kemudian untuk mendukung program konsumsi pangan. Karena itu, program ini dipasang dilingkungan kantor sekaligus untuk memberikan contoh bagi masyarakat,” tukasnya.(dyn/ash)

Related posts