Home / Kabar Bogor

Senin, 28 Desember 2020 - 16:45 WIB

Mudahkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Bupati Resmikan SLRT Graha Pancakarsa

Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin. /Dok. bogorkab.go.id.

Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin. /Dok. bogorkab.go.id.

APAKABAR BOGOR – Bupati Bogor, Ade Yasin meresmikan Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Graha Pancakarsa pada Dinas Sosial Kabupaten Bogor dalam usaha mempermudah pelayanan kepada masyarakat, bertempat di Halaman Gedung Kantor Dinas Sosial Kabupaten Bogor, pada Senin 28 Desember 2020.

Dalam sambutannya Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan penanganan masalah kesejahteraan sosial di Kabupaten Bogor selalu menjadi prioritas dan diatur melalui Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bogor Nomor 7 tahun 2016 tentang kesejahteraan sosial.

“Sampai dengan tahun 2020 telah didirikan 160 Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) di desa dan kelurahan yang tersebar di 40 kecamatan, tahun 2023 ditargetkan seluruh esa yang ada di Kabupaten Bogor memiliki Puskesos yaitu sebanyak 435 Puskesos,” ujarnya.

Baca Juga :  Antisipasi Longsor Susulan, di Jalur Alternatif Puncak, UPT Pasang Beronjong

Ia juga mengatakan pelayanan birokrasi kesejahteraan sosial panjang sehingga melelahkan dan memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk mengurusnya, maka untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat miskin serta sejalan dengan upaya mencapai misi masyarakat yang berkualitas serta tata kelola pemerintahan yang baik dalam koridor Karsa Bogor Maju, maka Pemerintah Kabupaten Bogor membangun Sistem Layanan Dan Rujukan Terpadu (SLRT) “Graha Pancakarsa” untuk penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial masyarakat melalui dana APBD tahun 2020 sebesar 4,13 milyar rupiah.

Baca Juga :  Kawasan Lido Ditetapkan Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus oleh Pemerintah Pusat

“SLRT Graha Pancakarsa telah selesai dibangun dan ini akan menjadi one stop service sebagai pusat informasi dan rujukan pelayanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, menampung dan menindaklanjuti keluhan warga, sekaligus penyedia data terbaru warga miskin dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) sebagai bahan perumusan kebijakan perangkat daerah,” ujarnya.

Baca Juga :  BPPD Kabupaten Bogor Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda

Ia juga mengatakan kini dengan adanya SLRT Graha Pancakarsa apapun keluhannya, kemana ditujukan dan skema bantuan yang diurus baik itu bantuan pusat, Banprov, Bantuan Kabupaten/Kota atau bantuan TJSL, warga cukup datang ke Puskesos atau SLRT Graha Pancakarsa untuk mengakses multi layanan sosial tersebut.

“Fasilitator akan menindaklanjuti. Tidak perlu mengurus ke beberapa tempat yang menghabiskan tenaga, waktu dan biaya,” ungkapnya.

Share :

Baca Juga

Kabar Bogor

Tahun Baru Mau Liburan ke Puncak?, Bakal Ada Pemeriksaan di Sepuluh Titik

Kabar Bogor

24 Tenaga Kesehatan di Kemang Divaksin Sinovac, Kapuskesmas yang Pertama

Kabar Bogor

Soal Pelaku Kasus Penculikan Bocah di Bogor dan di Jaksel, Polisi Temukan Fakta Baru

Hot News

Camat Pamijahan Lengah, Pengunjung Terobos Jalan Tikus Masuk ke Objek Wisata

Kabar Bogor

AMBS Turun Ke Wilayah, Beri Santunan Pada Anak Yatim

Kabar Bogor

Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup, Ini Pesan Bupati Bogor Ade Yasin kepada Ibu Rumah Tangga

Kabar Bogor

Tak Sadarkan Diri di Lapangan Instal Kuda, Polsek Megamendung Evakuasi Seorang ODGJ

Kabar Bogor

Akhir Januari 2021 Tol Bogor Outer Ring Road Dibuka, Tarif Tol Langsung Naik