Lumpur dan Sampah Plastik Masuk Kamar Warga, Saluran Tersumbat Penyebab Bikin Ngeri

  • Whatsapp
Kades Telukpinang, Ahmad Rifai ( berbaju batik,red) saat sedang meninjau lokasi longsor di Desa Telukpinang./Dok.Apakabarbogor.com/wan.

APAKABAR BOGOR – Hujan Deras yang mengguyur kawasan selatan Kabupaten Bogor sejak Rabu malam 28 April 2021, menyebabkan bencana banjir dan Longsor dibeberapa wilayah di Kecamatan Ciawi.

Salah satunya adalah yang terjadi di Desa Telukpinang RT 03 Rw 01. Tebing setinggi kurang lebih tujuh meter ambrol dan nyaris menimpa rumah yang berada tepat di bawahnya.

Read More

Material longsor tersebut sempat menutup akses jalan lingkungan, sebelum dibersihkan oleh warga sekitar, yang dibantu oleh personel Desa tanggap bencana (Destana).

Agus warga sekitar mengaku sangat kaget ketika tina-tiba air masuk ke ruangan rumahnya.

“Saya kaget, tiba-tiba air bercampur sampah plastik dan lumpur menggenangi kamar saya, setelah saya ngecek Keluar rumah, ternyata itu terbawa dari longsor tebing di atas,” Ujarnya.

Agus juga menuturkan, longsor tersebut bisa jadi disebabkan karena saluran air yang ada di atas tebing itu tersumbat sampah.

“Hujan sangat deras debit air tinggi sehingga tidak tertahan akhirnya meluap sampai terjadi longsor, ” tutur Dia.

Sementara menurut Kepala Desa Telukpinang Ahmad Rifai, longsor tebingan tersebut memang sudah sejak lama menjadi kekhawatiran warga sekitar.

“Bahkan sudah diajukan pembangunannya dalam musyawarah Desa (MUSDes), bahkan sudah menjadi salah satu plotting realisasi pembangunan di tahun 2020.”

“Namun pesoalannya alokasi Dana Desa ( DD) tahun 2020 kemarin harus dirubah alokasinya untuk penanganan Covid, ” Ungkapnya. saat meninjau lokasi bencana.

Selaku Kepala Desa, lanjutnya, untuk kepentingan lingkungan warga, tentunya dia harus bertanggung jawab, dengan memberikan solusi untuk pembangunan tebingan tersebut.

” Mudah-Mudahan secepat mungkin saya akan segera lakukan pembangunan turap penahan tanah ( TPT). Karena ini sangat mendesak, sebab di bawahnya banyak pemukiman warga, ” Pungkasnya. (Wan/ash)

APAKABAR MEDIA NETWORK mengajak kerjasama putra daerah yang berminat, untuk bersama-sama mengelola media kawasan desa atau kecamatan, contohnya seperti media Apakabarciampea.com. Hubungi WhatsApp kami: 0855-7777888.

Related posts