APAKABARBOGOR.COM – Menyambut arus wisata libur lebaran Idul Fitri 1444 H/2023, sejumlah destinasi kawasan Gunung Salak Endah (GSE) Pamijahan dilakukan pembenahan.

Hal itu dilakukan dalam upaya memberikan pelayanan maksimal kepada pengunjung nantinya.

Selain wisata sejarah yang terangkum dalam Objek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Taman Nasional Gunung Halimun Salak memiliki berbagai destinasi wisata diantaranya, objek Cipanas Cikuluwung, Curug Seribu, Curug Kondang, Curug Balong Endah, Curug Pangeran, Rangon Hill, Lembah Tepus, Talaga Batu dan Leuwi Orok.

“Kita tengah melakukan berbagai pembenahan dan persiapan sarana prasarana penunjang dilokasi wisata. Harapannya tentu wisatawan akan lebih nyaman dan kunjungan wisata semakin meningkat,” ujar Darul Dinar Kepala Divisi Pariwisata GSE. Sabtu 22 April 2023.

Diakuinya pihak pengelola wisata juga telah berkoordinasi dengan para pengelola wisata terkait strategi pengaturan dan juga pelayanan termasuk koordinasi dengan dinas terkait lainnya seperti Polsek, Koramil, Dinas Perhubungan, Dinas Satpol PP dan Damkar, Dinas Kesehatan, BPBD dan lainnya.

“Koordinasi ini penting untuk memberikan rasa aman dan nyaman wisatawan saat berada di Kawasan GSE. Kita ambil contoh pengaturan parkir dan lalulintas disekitar objek wisata, bagaimana supaya rapi dan juga tidak membuat macet serta tarif yang memberatkan pengunjung,” kata Darul Dinar.

Menurutnya, libur lebaran kali ini ia memprediksi jumlah wisatawan tiap harinya berkisar 3.000 sampai dengan 5.000. Dengan puncak kunjungan antara h+1 Lebaran hingga h+5.

“Tetapi sampai akhir bulan sepertinya masih ramai,” tutupnya. (Haidy)