APAKABAR BOGOR – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) tingkat Kabupaten Bogor ke-65 tahun dan HUT Lokapurna ke-55 tahun digelar di lapangan Kampung Lokapurna, Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan. Rabu, 10 Agustus 2022.

Kegiatan dimulai dengan upacara di Lapangan Lokapurna dengan Inspektur Upacara (Irup) Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) LVRI Kabupaten Bogor, Mayjen TNI Purn, Bambang Heru.

Kegiatan dilanjutkan dengan penaburan bunga di makam Pahlawan di Kampung Lokapurna.

Dari pantauan, pada kesempatan tersebut tampak warga Kampung Lokapurna membawa berbagai hasil tani seperti buah-buahan dan sayur mayur dalam bentuk Dongdang dan juga 15 nasi tumpeng yang dibagikan kepada warga yang hadir.

Penampilan tari jaipong oleh cucu seorang veteran yang ditampilkan oleh Neng Jahra. Kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah.

“Selaku ketua LVRI Kabupaten Bogor yang pertama saya mengucapkan selamat dan Dirgahayu hari veteran nasional yang ke 65 tahun 2022 sekaligus milangkala Lokapurna yang ke 55 tahun,” ungkap Bambang Heru dijumpai wartawan disela kegiatannya.

Kampung Lokapurna ini, Bambang Heru mengatakan, adalah tempat pemukiman seluruh veteran pejuang yang sekitar 75 orang ada disini dan sekarang hanya tinggal beberapa sisanya dan yang ada adalah putra putri dan cucunya.

“Saya hanya berharap kedepan pemuda pemuda, anak-anak, remaja semua harus mengingat bagamana perjuangan para pahlawan, perjuangan para veteran dan ini nyata, Veteran ini nyata ada. Jadi, veteran itu bukan hanya fiksi atau cerita. Negara ini merdeka karena veteran dan sekali lagi saya ucapak selamat ulang tahun veteran nasional yang ke 65 tahun dan hari jadi Lokapurna yang 55 tahun,” katanya.

Selain itu, dirinya menyampaikan, bahwa selaku Ketua LVRI Kabupaten Bogor akam turut berjuang dan mengusahakan dan akan melakukan diskusi dengan para Pemimpin Daerah agar kedepannya lokasi wilayah Lokapurna tersebut menjadi daerah mandiri.

“Agar lokasi wilayah lokapurna ini dibebaskan menjadi daerah mandiri arti kata bisa di sertifikatkan. Ini akan saya perjuangkan sampai nanti pada saat Munas LVRI di bulan Oktober atau November 2022 mendatang,” katanya.

Dirinya juga berpesan, kepada generasi muda penerus bangsa ini untuk terus berjuang mengisi kemerdekaan Negera Republik Indonesia dan mensukseskan pembangunan yang dibangun pemerintah untuk menuju Negara yang lebih maju.

“Yang pasti harapannya negri ini, negara ini harus lebih baik, lebih maju dari sekarang dan remaja, pemuda, pemudi harus lebih bagus dari sekarang dan meneruskan perjuangan dari pendiri bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, Danton PPM Kecamatan Pamijahan, Darul Dinar mengatakan, dirinya selaku salahsatu keturunan dari veteran akan terus berusaha semaksimal mungkin melestarikan untuk selalu mengingatkan kepada khalayak ramai tentang perjuangan para veteran tersebut.

“Bagaimana kami selaku warga republik Indonesia cucu dari yang sudah memerdekakan negara. ini Lokapurna adalah bagian benteng pertahanan untuk terus menjaga dan melestarikan semangat 45. Dorongan masyarakat dan pemerintah setempat yang mengapresiasi. Kami sebagai generasi penerus berupaya dan mencoba secara legalitas kami akan upayakan secara birokrasi sesuai dengan kemampuan kami,” katanya.

Sebagai informasi, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Lokapurna ke-55 tahun dan 2 tahun IDN, serta Hari Veteran Nasional menyelenggarakan pentas seni dan budaya.

Diketahui, Pada 3 Agustus 2022, Penampilan team na’am musik religi wayang golek dan ngaji budaya. 6 Agustus pukul 07.00 WIB acara arak-arakan hasil panen. 7 Agustus Pentas seni budaya. 8 Agustus, Pengobatan gratis. 9 Agustus, Acara pelatihan ekoprint, Pembuatan batik dari bahan alam. 10 Agustus 2022 ditutup dengan Upacara HUT lokapurna sekaligus HUT veteran nasional. (Fex)