APAKABAR BOGOR – Bupati Bogor Ade Yasin laksanakan kegiatan Saba Desa di wilayah Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor, pada Senin 20 September 2021. Itu dilakukan untuk melihat perkembangan pelaksanaan program pembagunan di desa, menjaring aspirasi dan mendengarkan keluhan masyarakat serta untuk lebih dekat dengan masyarakat.

Hadir di kegiatan Saba Desa, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor, Forkopimcam Nanggung, dan seluruh Kades se-Kecamatan Nanggung.

Bupati Bogor, Ade Yasin menjelaskan, kegiatan Saba Desa dilakukan untuk melihat perkembangan program pembangunan di desa, dan melihat apa yang sudah dibangun oleh kepala desa juga kecamatan, serta melihat bagaimana perkembangan pertanian dan sejenisnya yang tentunya bermanfaat untuk masyarakat, menuju peningkatan perekonomian.

“Saya senang melakukan kegiatan ini, jika memang semua kegiatan itu tujuannya meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Tadi saya lihat papan progres pembangunan Samisade di wilayah Kecamatan Nanggung ini, mudah-mudahan bisa selesai semua pengerjaannya. Semoga pandemi segera berakhir, sehingga kita bisa aktif kembali dan bisa beraktivitas seperti biasa,”harap Ade Yasin.

Ade Yasin menyatakan, selama pandemi Covid-19, dirinya lebih banyak melakukan aktivitas secara virtual melalui zoom meeting dari berbagai kementerian bahkan bisa 3-4 kali sehari.

Melalui kegiatan ini ia lakukan untuk melihat dan memastikan progres pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah desa dan kecamatan.

“Melalui kegiatan Saba Desa kita bisa langsung melihat kegiatan di desa, karena kunjungan ke desa ini bisa dilakukan kapan pun selama saya kosong. Kegiatan di desa yang lain pun bisa dikunjungi baik itu panen raya juga peresmian-peremian hasil SAMISADE,” tandasnya.

Selanjutnya, Camat Nanggung AE Saepuloh menambahkan, tahun 2021 seluruh desa di Kecamatan Nanggung mendapatkan Program Satu Milyar Satu Desa (SAMISADE). Perlu disampaikan bahwa 11 desa di Kecamatan Nanggung seluruhnya mendapatkan program Samisade.

“Adapun sampai saat ini ada 4 desa progress-nya sudah memasuki tahap 60% yaitu Desa Cisarua, Pangkaljaya, Kalong Liud, dan Hambaro, yang lainnya sedang dalam proses realisasi 40% . Kami juga mendapatkan bantuan sosial Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 55 unit di Kecamatan Nanggung. Terakhir sesuai dengan hasil rapat koordinasi tingkat Kabupaten Bogor, hari ini sedang gencarnya kegiatan vaksinasi massal, ada tiga desa yang melaksanakan vaksinasi pertama Nanggung, Sukaluyu dan Bantar Karet terhitung dari tanggal 9- 30 September untuk mempercepat vaksinisasi di Kecamatan Nanggung,” imbuhnya. (Andriawan/Hdy)