APAKABAR BOGOR – Tanaman hias menjadi salah satu bidang usaha yang tidak terpengaruh Pandemi Corona. Sulitnya Ekonomi akibat kebijakan pemerintah yang melakukan pembatasan – pembatasan tidak mempengaruhi pergerakan usaha jual beli tanaman hias.

Hal itu di sampaikan Sunyoto, Direktur Rumpun Hijau Institute, yang juga Ketua Panitia acara Silahturahmi, Kontes Dan Bursa tanaman hias, di Wisma Bu Kris, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, 23 Februari 2021.

” Tanaman hias terbukti masih menjadi salah satu bidang usaha yang tidak terpengaruh di masa pandemi Corona ini. Hal ini terlihat dari animo para pecinta Tanaman hias dalam acara Kontes Dan Bursa yang kami gelar hari ini. Tidak kurang 100 peserta langsung memesan tiket dalam 4 hari kami umumkan. Kami masih membatasi maksimal 100 peserta. Nanti bulan April baru kita tingkatkan” ujarnya.

Dia juga mengatakan, Jenis – jenis tanaman yang di konteskan meliputi jenis, Pilodendron, Aglonema, Keladi, Anthurium, Singonium, Sansievira, dan kelas Campuran.

“Silahturahmi, Kontes dan Bursa Tanaman Hias kali ini di hadiri dari berbagai wilayah. Selain dari petani tanaman hias kawasan Puncak, peserta juga datang dari Ciapus, Kota Bogor, dan Jakarta. ” ungkap Sunyoto.

Dalam kontes ini, sambungnya, semua jenis tanaman hias bisa masuk. Tidak melihat mahalnya tanaman. Namun lebih kepada performanya.

” Kita memberi ruang untuk semua jenis tanaman dalam konsep kontes yang kita bikin. Sehingga tanaman yang harganya murah pun bisa ikut tampil, asal lebih dari 5 tanaman, maka masuk kelas sendiri. Sehingga peserta bisa menunjukan kemampuannya dalam merawat, menata dan berinovasi/berkreasi untuk menampilkan satu jenis tanaman dengan tampilan yang bagus” katanya.

” Dalam kontes ini, semua jenis tanaman bisa masuk. Karena panitia lebih mengutamakan performance tanaman, bukan kelangkaan. Jadi penggemar/pencinta tanaman hias kecil pun bisa ikut, ” tandasnya.

Beberapa peserta yang hadir mengaku acara kontes yang di buat Rumpun Hijau Institute, lebih menarik, Profesional dan rapi dibanding Kontes – kontes lainnya .

Hal tersebut disampaikan Novi, peserta dari Kota Bogor.

“Saya mengapresiasi Kontes Tanaman Hias yang di gelar Rumpun Hijau Institute. Lebih real, membumi ( menyentuh petani kecil ), Profesional dan lebih rapi. Semoga nanti bisa membikin acara yang lebih besar lagi di Puncak. Dan kami akan siap untuk turut meramaikan ” ujar Novi pemilik Cinta Flora Nursery kepada wartawan.(ash)