APAKABAR CIAMPEA – Memperingati Hari Sumpah Pemuda, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Rumpin (HMR) menggelar aksi longmarch, aksi teatrikal dan mimbar bebas di Simpang Huluwarang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/10/2021).

Aksi tersebut dilakukan sebagai refleksi mahasiswa dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93, yaitu tanggal 28 Oktober 2021.

Aksi mahasiswa dimulai dengan long march sejauh 3 kilometer dimulai dari Sekretariat HMR di Desa Sukasari menuju simpang Huluwarang di Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin

Sepanjang aksi long march, diisi dengan aksi teatrikal para mahasiswa terutama terkait soal dampak dari kerusakan jalan.

Setibanya di lokasi, mahasiswa langsung menggelar mimbar bebas dan menyampaikan beragam orasinya.

“Aksi ini diikuti anggota HMR yang berasal dari berbagai fakultas dan universitas. Inti aksi HMR di hari peringatan Sumpah Pemuda ini adalah menuntut janji politik dari Gubernur Jawa Barat tentang pembangunan jalan atau jalur khusus tambang di wilayah Rumpin, Cigudeg dan Parungpanjang, Kabupaten Bogor,” ujar Ibnu Sakti Mubarok, kepada wartawan.

Sakti, sapaan akrabnya menegaskan, HMR sebagai wadah pemuda dan mahasiswa akan terus memberi ide kreatif dan bersikap dinamis, intelektual, terdidik.

Mereka memilik jiwa semangat besar dalam memajukan dan mempertahankan serta mengisi kemerdekaan Indonesia.

“Dan dalam momentum Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 ini, Kami Himpunan Mahasiswa Rumpin mengekspresikan bahwa kami sebagai kaum pemuda menagih dan akan mengawal janji Gubernur Jawa Barat dalam membuat jalur tambang,” tandasnya. (Igon/Haidy)