APAKABARBOGOR.COM – Danramil 0621-14 Ciampea bersama tiga pilar menghadiri launching Kampung moderasi beragama yang diselenggarakan oleh Kemenag Kabupaten Bogor berlangsung di Saung Cinta Desa Ciampea.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Danramil Ciampea 0621-14 Kapten Inf Agus Purnama Yusup turut membawakan materi 4 Pilar Kebangsaan sebagai perwujudan moderasi beragama.

Danramil memaparkan, bahwa sebagaimana diketahui moderasi beragama adalah cara pandang, sikap dan prilaku beragama yang dianut dan dipraktikkan oleh sebagian besar penduduk negeri ini, dari dulu hingga sekarang.

Moderasi beragama tercermin dalam komitmen kebangsaan yang menjunjung keberagaman, toleransi yang menghargai perbedaan keyakinan.

Penolakan terhadap segala bentuk kekerasan atas nama agama, serta penerimaan dan akomodasi terhadap kekayaan budaya dan tradisi yang ada dalam masyarakat.

“mengingat kultur bangsa indonesia yang sangat beragam bukan hanya ras dan suku namun termasuk keragaman agama ya dianutnya, sehingga perbedaan khususnya agama dan kepercayaan perlu disikapi dengan baik termasuk upaya menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda-beda,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia juga mengatakan, toleransi bukan juga diartikan menyamakan perbedaan apalagi keyakinan namun toleransi diarahkan pada upaya menghormati dan menghargai perbedaan itu sendiri.

“Demikian juga dengan 4 pilar kebangsaan meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan landasan historis dan nilai-nilai kebangsaan yang menginspirasi moderasi beragama,” pungkasnya.