Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

APAKABAR BOGOR – Untuk terus mendongkrak perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bogor terus menggenjot pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah desa. Selain dari anggaran yang sudah rutin, , dana lain untuk pembangunan infrastruktur yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), digelontorkan melalui program Satu milyar satu desa, (SAMISADE).

Salah satu desa yang telah mendapat kucuran anggaran tersebut adalah Banjarwaru, Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Abdurahman selaku Kepala Desa (Kades) Banjarwaru, sangat mengapresiasi dengan adanya program tersebut.

“Kami atas nama warga dan selaku pemerintah Desa, sangat bangga dengan adanya program samisade, yang d luncurkan oleh Bupati. Karena program ini hanya di kabupaten Bogor adanya saat ini. Sebagai warga tentu saja kita patut berbangga,” Kata Dia saat launching samisade, Sabtu (11/12/2021).

Akan tetapi lanjutnya, program apapun tidak akan terwujud dan terbentuk apabila tidak ada dukungan semua pihak.

“Maka dari itu, mari kita semua ber partisipasi berperan secara aktif demi kemajuan pembangunan di wilayah desa kita, karena ini semua adalah untuk kemaslahatan kita semua. Walau bagaimanapun ini amanat, kita harus laksanakan sebenar benarnya sesuai aturan yang telah di tentukan,” ujarnya.

Dia juga berharap, gotong royon dan padat karya jangan sampai kendor, tetap harus lebih ditingkatkan. Harus tetap bersatu dalam satu harapan baik.

“Mari kita tingkatkan lingkar kebersamaan untuk peningkatan pembangunan desa kita. tancapkan semangat pada diri untuk kemaslahatan kita semua,” Ucapnya.

Kasi Ekbang kecamatan Ciawi Risma, yang hadir sebagai perwakilan Camat Ciawi berpesan, kepada Tim Pelaksana Kegitan (TPK).

“Laksanakanlah tugas amanah ini sesuai aturan yang di berlakukan, sebagai pertanggung jawaban kita, semoga menjadi keberkahan untuk kita semua, laksanakan sesuai RAB, sesuai SP2D yang sudah di terapkan, kita tanggung jawab bukan karena nanti Bada pemeriksaan insfektorat, kejaksaan dan kepolisian, sebagai penerima manfaat kita tanggung jawab pada Bupati Bogor yang sudah membikin program ini,” harapnya.

Kepada warga Banjar waru Rosma juga menghimbau, walaupun dari RAB ada ongkos untuk tukang, kebersamaan gotong royong warga harus tetap di tingkatkan.

“Kepala Desa harus menekankan kepada ketua RT dan RW sebagai ke panjangan pemerintahan, harus terus nge- push bangkitkan kebersamaan gotong royong nya, ” Tandasnya.

Gani ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Banjarwaru memaparkan, Berdasarkan hasill kesepakatan bersama sebelumnya, antara kepala desa, BPD, para tokoh masyarakat dan lpm, apa yang menjadi pengajuan warga di wilayah, pembangunan Samisade di laksanakan di empat titik wilayah dengan dua jenis pembangunan.

“Dua lokasi pembangunan TPT dan dua lokasi pembangunan betonisasi,” jelas Gani.

Sekedar informasi, berikut titik pembangunan infrastruktur yang dibiayai oleh Samisade di desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

  1. Kp. Babakan RT 01 RW 01 pembangunan TPT
  2. Kp. Banjarwaru RT 03 RW 05 pembangunan TPT
  3. Kp. Sijok RT 03 RW 06 pembangunan Betonisasi jalan
  4. Kp. Kubang RT 02 RW 07 pembangunan betonisasi jalan. (wan/ash)