Bupati Bogor Minta Kawal Program Ini kepada Perangkat Desa di Tahun 2021

  • Whatsapp
Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin. /Instagram.com/@kabupaten.bogor.

APAKABAR BOGOR – Bupati Bogor, Ade Yasin menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Bogor, bertempat di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, pada Kamis, 17 Desember 2020.

Dalam sambutannya Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan bahwa di Kabupaten Bogor sudah ada Perda Nomor 6 Tahun 2018 tentang perubahan atas Perda Nomor 6 tahun 2015 tentang Desa, Kemudian tanggal 10 Desember telah ditetapkan persetujuan bersama DPRD Kabupaten Bogor dengan Kepala Daerah terhadap Peraturan Daerah tentang Perangkat Desa.

Read More

“Perda ini bertujuan untuk memperkuat perangkat desa agar menjadi aparatur desa yang profesional dalam membantu kepala desa melaksanakan kewenangan di desa sesuai amanat Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa serta hasil pertimbangan DPRD dan Pemerintah Kabupaten Bogor terkait adanya fenomena pembersihan/pemberhentian perangkat desa dalam setiap suksesi Kepala Desa,” katanya.

Ia juga mengatakan pembangunan desa memerlukan kolaborasi guna mewujudkan keterpaduan antar pihak yang berkepentingan seperti Pemerintah Pusat, Provinsi, Daerah, Akademisi, Dunia Usaha dan pihak yang berkepentingan lainnya.

“Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk mencapai keberhasilan dalam membangun desa adalah merencanakan pembangunan desa yang akurat dan berkualitas agar pembangunan tepat sasaran, sesuai kebutuhan dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Ia juga berharap kepada seluruh perangkat desa agar mendukung sepenuhnya kepala desa dalam menyelenggarakan Pemerintahan Desa, meningkatkan koordinasi dan berperan aktif dalam mengidentifikasi dan memetakan kebutuhan perencanaan pembangunan desa secara lebih akurat dan terintegrasi.

“Pada tahun 2021 akan ada program Samisade (satu milyar satu desa), saya minta ini dapat betul-betul dikawal dan direncanakan dengan baik agar realisasinya tepat sasaran, berhasil guna dan bermanfaat bagi masyarakat dengan pengelolaan keuangan yang profesional dan transparan,” harapnya. (bgr)

Related posts