APAKABAR BOGOR – Kepala dan dua tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang di pecat Bupati Bogor, Ade Yasin pada Senin, 12 Juli 2021.

Hal tersebut merupakan dampak dari viralnya video tenaga kesehatan puskesmas yang tengah asik berkaraoke saat pasien positif covid-19 dan seorang ibu hamil membutuhkan bantuan pusat kesehatan masyarakat itu.

“Hari ini dicopot, Kepala Puskesmas (Situ Udik) dan tenaga kesehatan yang karaoke di jam kerja,” kata Ade Yasin.

Dia menyebut, telah memberi sanksi teguran secara langsung saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi pada Sabtu, 10 Juli 2021 lalu.

“Tadinya kalau ada alat karaokenya mau saya sita, tapi hasil sidak ternyata tidak menggunakan alat karaoke, tetapi sound system untuk memanggil pasien. Namun, apapun alasannya itu salah, karena dilakukan pada saat jam kerja,” ujarnya.

Ade Yasin kemudian meluruskan narasi yang beredar mengenai kondisi pasien hamil yang datang ke puskesmas saat staf puskesmas sedang karaoke. Menurutnya, ibu hamil tersebut tidak positif COVID-19, melainkan perekam videonya yang positif.

“Ini ada simpang siur informasi, untuk perekam video viral yang positif itu sudah ditangani oleh Satgas COVID-19 ke Wisma Kemang untuk di Isolasi,” kata Ade Yasin.

Setelah melakukan sidak ke Puskesmas Situ Udik, ia lantas meminta maaf kepada ibu hamil yang terekam dalam video, dengan langsung mendatangi ke rumahnya yang tak jauh dari puskesmas.

Seperti diketahui sebelum, pada Jumat (9/7) beredar video berdurasi 1 menit 43 detik yang menunjukkan warga yang akan melakukan pemeriksaan di Puskesmas Situ Udik. Satu yang dinyatakan reaktif antigen dan satunya lagi merupakan seorang ibu yang tengah hamil.

Warga ingin melakukan pemeriksaan kesehatan dari puskesmas tersebut, tapi disayangkan Puskesmas Situ udik dalam keadaan tertutup dengan suara musik yang diduga tengah melakukan karaoke di dalam pusat kesehatan masyarakat. (Haidy)