APAKABAR BOGOR – Wilayah Parung dan Ciseeng di Kabupaten Bogor, terkenal sebagai sentra ikan air tawar. Baik ikan untuk konsumsi maupun ikan hias.

Bahkan Pasar ikan hias Parung yang terletak di Desa Waru, Kecamatan Parung jadi salah satu pusat penjualan ikan hias dan konsumsi terbesar di Asia Tenggara.

Billy salah seorang pedagang ikan hias pemilik dari label dagang Billy Aquatic memulai jualan ikan hias dengan cara menitip kepada teman yang kebetulan tak jauh dari pasar ikan hias Parung.

“Awal saya main ikan (berjualan) pada 2009, dan itupun hanya nitip pada temen yang memang punya rumah di dekat pasar,” terang Billy. Minggu (3/07/2022).

Masih kata Bily yang juga adik kandung dari Nurwidia Kepala Desa Parung, dirinya menyebut mulai fokus pada tahun 2018 dengan menyewa kios di Blok A02.

“Pada 2018 saya mulai sewa kios dan hanya menjual ikan jenis Guppy, Koki dan jenis ikan untuk aquascape,” terangnya.

Diceritakan Billy, pada tahun 2019 dimana dirinya menjual jenis ikan predator, terutama Arwana dari mulai Silver Brazil sampai Arwana Super Red dengan berbagai size dan kualitas.

Bily Aquatic saat ini selain menjual ikan hias di pasar Parung, juga melayani penjualan ke seluruh Indonesia dengan komunikasi terlebih dahulu, untuk hari pasar ikan hias Parung yang buka tiap hari Senin, Kamis dan Sabtu tetapi Bily Aquatic buka tiap hari (Igon)