Tingkatkan Ekonomi Warga, KPM PKH Gunakan Lahan Milik Kades Giri Mulya

  • Whatsapp
Kolam terpal pembesaran ikan lele dari KUBE KPM PKH Desa Girimulya./Dok.Ilyas

APAKABAR BOGOR – Guna meningkatkan ekonomi Keluarga Penerima Manfaat (KPM), pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) bentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) bidang Perikanan berupa pembesaran ikan lele di lahan empang terpal milik Kepala Desa Girimulya. 

“Untuk Kecamatan Cibungbulang, baru dapat 3 Kube, disini ternak lele, Desa Dukuh dan Cijujung Domba pendampingnya Pak Wahyu, Bu Ayi mendampingi Desa Dukuh,” kata Pendamping PKH Desa Girimulya Yeti pada, Sabtu (11/06/2021).

Read More

Yeti mengatakan, agar perkembangan ikan lele tidak terganggu maka untuk kolam terpalnya harus disekat, perkolamnya 2500 ekor. Sebelum dimasukkan kekolam disampling dulu, ditimbang lalu dihitung perekor.

“Soalnya lele kan kanibal jika misalnya besar sedikit pertumbuhan nya itu bisa memakan yang lebih kecil,” terangnya. 

Lebih lanjut Yeti mengatakan, dalam menyiasati lahan yang strategis untuk kolam, dirinya selalu berkoordinasi dengan Kades Girimulya dalam mensukseskan programnya melalui kube.

“Hasil koordinasi dengan beliau disinilah tempatnya karena pak kades bilang ‘apa sih yang enggak buat warganya’, dan beliau sangat peduli, karena untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Kelompok KPM Kube PKH Yoyoh, menuturkan selain ternak ikan lele, area empang juga bisa ditanami sayuran. 

“Yang saat ini kita tanam kangkung, semuanya kita dapat dari pendamping,” katanya. (Ipay/Haidy)

APAKABAR MEDIA NETWORK mengajak kerjasama putra daerah yang berminat, untuk bersama-sama mengelola media kawasan desa atau kecamatan, contohnya seperti media Apakabarciampea.com. Hubungi WhatsApp kami: 0855-7777888.

Related posts