Pemerintah Diminta Reboisasi Area Hutan Gunung Mas, Ini Alasan Dedi Mulyadi

  • Whatsapp
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi. /Dok. DPR.go.id

APAKABAR BOGOR – Penyebab terjadinya bencana banjir bandang di Kabupaten Bogor disebabkan adanya pengalih fungsian lahan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) di kawasan Gunung Mas.

Untuk itu Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mendorong pemerintah setempat dan PTPN melakukan reboisasi terhadap area tersebut.
 
Hal tersebut ia sampaikan usai memimpin tim kunjungan kerja Komisi IV DPR RI meninjau lokasi PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) di kawasan Gunung Mas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 29 Januari 2021.

Read More

Menurutnya ada kesalahan ketika hutan Gunung Mas dialihfungsikan menjadi rumah-rumah bedeng para pekerja dan perkebunan.
 
“Harusnya area hutan tidak boleh di alihfungsikan sebagai kawasan pemukiman, itu akan menyebabkan hilangnya pohon – pohon besar dan juga batu yang berada di aliran sungai tidak bisa menahan air yang turun dari atas.

“Jangan sampai menyalahkan hujannya, tetapi kita harus sadar diri bahwa area tersebut merupakan area hutan bukan untuk tempat tinggal,” jelasnya, dikutip media ini dari laman resmi DPR RI.
 
Politisi partai Golongan Karya tersebut pun memberikan solusi agar area tersebut ditanam kembali pohon – pohon yang berfungsi sebagai penahan air (reboisasi).

Related posts